Materi IPS Kelas IX Semester 1 Tema KEADAAN ALAM NEGARA INGGRIS


KEADAAN ALAM NEGARA INGGRIS


a. Lokasi

       Inggris terletak pada 500 LU-600 LU dan 80 BB-20 BT. Posisinya berada di Benua Eropa yang               secara geografis berbatasan di utara dengan Samudra Atlantik, di sebelah barat dengan Irlandia dan        Samudra Atlantik, di sebelah timur dengan Laut Utara, dan di sebelah selatan dengan Selat English        Channel. Luas wilayah Inggris mencapai 244.110 km2 meliputi wilayah England, Skotlandia,                  Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya. Jarak dari utara sampai selatan                  wilayah Inggris mencapai 965 km dan jarak dari timur ke barat mencapai 515 km.

b. Iklim

       Karena posisi lintangnya, Inggris memiliki iklim           sedang. Negara ini juga dikelilingi lautan,                       sehingga  memiliki iklim laut dengan ciri sejuk            dan  basah. Karena itu, hampir sepanjang tahun              Inggris mengalami hari-hari yang sejuk dan dingin.        Suhu udara tertinggi yang pernah tercatat                        mencapai  38,500 C pada musim panas dan -26,100 C pada musim dingin. Walaupun demikian, rerata suhu pada musim dingin antara 40C–50C dan pada musim panas antara 120C–160C. Pantai barat bagian utara Inggris lebih hangat dibanding dengan wilayah lainnya.

    Curah hujan di Inggris relatif merata sepanjang tahun dengan rata- rata tahunan mencapai 1.000 mm/ tahun. Pantai barat memperoleh curah hujan lebih tinggi dari pantai timurnya, namun curah hujan paling tinggi berada di pegunungan. Posisinya yang berada dekat Samudra Atlantik dan adanya arus Atlantik Utara membuat pesisir barat Inggris lebih sejuk dan lebih basah dibanding pesisir timurnya.


               Gambar 1.24. Peta Inggris



Gambar 1.25. Keadaan Iklim Inggris:         (a) Sebaran Curah Hujan       (b) Suhu di Inggris


c. Bentuk Muka Bumi

       Jika dilihat dari reliefnya, wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah yang                       bergunung-gunung di bagian utara dan dataran rendah yang bergelombang di timur dan selatan.               Perbedaan relief ini menunjukkan adanya perbedaan usia batuan. Batuan berusia lebih tua berada           di  barat  dan utara, sedangkan batuan yang lebih muda berada di timur dan selatan.


d. Geologi

       Inggris memiliki sumber daya geologi yang beragam, termasuk batu bara yang sangat mendukung         Revolusi Industri di Inggris. Selain itu, Inggris memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang           memasok kebutuhan energinya selama abad XX. Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam            jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral yang tersedia di negara ini adalah pasir dan kerikil          untuk bangunan, logam, dan lempung.


e. Flora dan Fauna

       Kegiatan pertanian dan industri di Inggris telah mengurangi luas area hutan alaminya. Akibatnya,           sebagian flora dan fauna di Inggris telah berkurang populasinya dan bahkan beberapa di antaranya         punah. Flora yang dapat dijumpai di Inggris adalah pohon ek dan elm, horse chestnut, spruce                   Norwegia, larch Jepang,  dan fir Douglas. Fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah             Skotlandia dan sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Skotlandia dan belibis merah yang         khas dari Inggris.

Gambar 1.26. Contoh Fauna Inggris: (a) Rusa (b) Rajawali Emas Skotlandia


f. Keadaan Penduduk

       Pada tahun 2015, penduduk Inggris mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Angka pertumbuhan           penduduknya hanya 0,4% atau tergolong rendah. Sebagian besar tinggal di daerah perkotaan yang           mencapai angka 80% dari jumlah penduduknya. Kota London sebagai ibukota negara dihuni oleh           sekitar 12% penduduk Inggris, sementara daerah bagian utara seperti Skotlandia, Wales, dan                  Irlandia Utara penduduknya jarang.

     Penduduk  asli  Inggris  terdiri  atas dua   kelompok,   yaitu   Bangsa   Kelt (Skotlandia, Irlandia,             dan  Wales) dan Bangsa  Jerman  (Anglo,  Saxon,  Jute, Denmark, dan Norman). Sebagian besar           (87,2%)  penduduknya  berkulit putih, sisanya berkulit hitam, dan Asia.

    Bahasa yang digunakan  secara resmi oleh penduduk Inggris tentu saja Bahasa Inggris. Sebagian            besar (86,9%) penduduknya beragama Kristen. Sisanya adalah pemeluk agama Islam, Yahudi,                Hindu, Sikh, serta tidak beragama (ateis).

No comments:

Post a Comment